Asal-Usul Lontong Kari


by Mellyani Hambali July 25, 2014

Sebelum saya menulis artikel ini, saya melakukan research kecil-kecilan di internet tentang kari dan asal-usulnya. Dari berbagai sumber yang saya dapatkan, kari ini berasal dari India dari masa yang bahkan setua 2600 SM, yakni dari peradaban lembah Sungai Indus. Ilmuwan meyakini hal ini setelah menemukan alu dan lumpang yang digunakan untuk menumbuk bumbu-bumbu untuk membuat masakan berempah yang menyerupai kari pada jaman sekarang.

Masakan berempah khas India ini, kemudian dibawa ke timur oleh para biarawan Buddha hingga akhirnya sampai ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, kari seringkali dianggap sebagai masakan peranakan, yakni masakan yang merupakan gabungan dari dua kebudayaan, Melayu dan kebudayaan Cina. Kari yang kita kenal di Indonesia sangat mirip dengan kari yang terdapat di Malaysia atau di Singapura, dimasak menggunakan bumbu daun jeruk, sereh, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, kemiri, dan sedikit cabai.

Kari yang saya temui di negara lain seperti Thailand dan Filipina agak berbeda, karinya lebih tidak pekat dan bahkan di beberapa daerah di Thailand, kari tersebut tidak menggunakan santan sama sekali.

Perbedaan utama kari Indonesia dan kari Malaysia atau Singapura adalah kari Indonesia tidak menggunakan bumbu ‘eksotis’ seperti terasi dan asam kandis di dalam komposisinya.

Untuk isi karinya, Indonesia juga lebih ‘konservatif’, biasanya hanya menggunakan daging sapi, kambing, atau ayam. Sedangkan kari di Malaysia dan Singapura terkadang masih menggunakan ikan.

Cara memakan kari pun berbeda. Di Indonesia kari kenyakan dimakan bersama nasi, lontong, atau ketupat. Di Malaysia atau Singapura, karena lebih mendapat pengaruh dari kebudayaan India, kari lebih sering dimakan dengan roti canai atau prata.

Di bulan Ramadhan ini, kari dapat menjadi alternatif hidangan untuk disajikan pada saat perayaan Idul Fitri, bersama dengan opor ayam, dan rendang. Dimakan bersama ketupat dan sayur labu, tentu sedap.




Mellyani Hambali
Mellyani Hambali

Author




Also in News

Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly
Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly

by Mellyani Hambali December 28, 2016

Read More

Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa
Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa

by Mellyani Hambali October 05, 2016

Read More

Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa
Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa

by Mellyani Hambali August 31, 2016

Read More

Sale

Unavailable

Sold Out