Tumpeng Tujuh Belas Agustus


by Mellyani Hambali August 17, 2014

Saya selalu menyukai tujuh belasan. Hari-hari penuh kesibukan untuk mempersiapkan perayaan, kemeriahan menjelang lomba-lomba, dan hari H tujuh belasan Agustus, selalu berhasil memberi saya tambahan semangat untuk mengerjakan pesanan yang masuk ke Nyonya Melly Shop.

Ada yang spesial pada tanggal 16-17 Agustus tahun ini di Nyonya Melly Shop. Sebetulnya ini semua diawali secara tidak sengaja dari pesanan tumpeng yang saya terima beberapa hari lalu. Langganan saya ini hendak mengikuti lomba tumpeng, tetapi hendak menggunakan tumpeng dari saya sebagai bentuk dasarnya, sehingga nanti hanya perlu menambahkan sedikit hiasan dan dekor meja.

Lalu tercetuslah ide untuk membuat tumpeng edisi terbatas tujuh belas Agustus. Dengan hiasan lebih banyak dari biasanya, dan hiasan tumpengnya lebih mencerminkan suasana hari kemerdekaan, dengan taburan warna bendera Indonesia, yaitu merah putih. Tumpeng edisi terbatas ini hanya saya buat sebanyak 10 buah, karena dekorasi yang banyak ini membuat waktu menghias masing-masing tumpeng jadi cukup lama.

Yang membuat saya senang, tumpeng edisi terbatas ini cukup ramai peminatnya, terutama untuk disertakan pada lomba-lomba tumpeng. Yang lucunya, ada juga 2 peserta dari lomba tumpeng yang sama memesan tumpengnya dari saya. Saya hanya bisa berpesan agar mereka membedakan hiasan tambahan dan dekor mejanya sehingga jurinya tidak curiga.

Ternyata di luar perkiraan saya, masih banyak yang mengadakan lomba tumpeng pada setiap perayaan tujuh belasan. Saya senang, berarti masih banyak yang menghargai kearifan budaya lokal kita, walaupun mungkin hanya setahun sekali.

Dirgahayu Indonesia ke-69. Semangat merdeka!




Mellyani Hambali
Mellyani Hambali

Author




Also in News

Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly
Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly

by Mellyani Hambali December 28, 2016

Read More

Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa
Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa

by Mellyani Hambali October 05, 2016

Read More

Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa
Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa

by Mellyani Hambali August 31, 2016

Read More

Sale

Unavailable

Sold Out