Enaknya Sarapan Nasi Kuning

by Handy Christian Hambali March 08, 2012

Nasi kuning merupakan makanan khas dari Indonesia yang terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang gurih dan legit jika dibandingkan dengan nasi putih.

Nasi kuning biasanya disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia, seperti tempe teri kacang, telur orak-arik, bawang goreng, telur bumbu bali, abon, dan lain-lain. Karena banyak penjual nasi kuning yang menjualnya saat pagi hari, kebanyakan orang mengidentikkan makan nasi kuning itu hanya untuk sarapan, sebagai sekadar salah satu makanan untuk opsi sarapan.

Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan. 

Tidak ada yang tahu sudah seberapa lama nasi kuning sudah menjadi bagian masyarakat Indonesia. Sama seperti batik, aneka kesenian tradisional, dan tempe yang nge-Indonesia sekali, terkadang kita bisa lupa bahwa nasi kuning ini termasuk kultur budaya yang perlu dilestarikan. Jangan sampai ada negara nakal... (pasti semua tahu negara mana yang saya maksud) mengklaim nasi kuning sebagai bagian dari budaya nasionalnya.

Apakah Anda menyantap sepotong sejarah bernama nasi kuning pagi ini?




Handy Christian Hambali
Handy Christian Hambali

Author




Also in News

Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly
Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly

by Mellyani Hambali December 28, 2016

Read More

Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa
Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa

by Mellyani Hambali October 05, 2016

Read More

Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa
Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa

by Mellyani Hambali August 31, 2016

Read More

Sale

Unavailable

Sold Out