Sambal Korek Sedap Ny. Melly


by Mellyani Hambali March 22, 2012

 

Sambal korek, suatu istilah yang sepertinya asing, namun sebenarnya sebagian besar dari kita, terutama yang berasal dan tinggal di Pulau Jawa sudah familar dengan sambal jenis ini. Semua bahan sambal hanya diulek kasar tanpa digongseng terlebih dahulu, sehingga sambal ini sebenarnya kurang tahan lama, harus langsung habis dalam sehari.

Resep pembuatan sambal korek sendiri tidak ada yang baku, kebanyakan bervariasi dari rumah ke rumah. Tapi umumnya sambal korek ini berisi cabai rawit, bawang putih, garam, dan sedikit tomat bagi yang suka sambalnya tidak terlalu pedas. Dan bahan yang tidak boleh dilupakan adalah sedikit minyak gorengan bawang yang ditambahkan setelah sambal diulek. Minyak  ini memberi aroma harum dan membuat sambal tidak cepat bau.

Saat di rumah, saya paling suka membuat sambal korek ini, memasak nasi putih, menggoreng ikan asin dan tempe, dan tidak lupa menyiapkan beberapa macam lalapan sebagai teman makan. Lalapan yang sering saya sajikan adalah daun kemangi segar dan terong lalapan, paling pas dengan sambal jenis ini. Sering juga saya menyajikan ikan mujair goreng yang nantinya akan saya penyet di cobek sambal sesaat sebelum disajikan.

Kombinasi nasi mengepul yang baru matang, rasa ikan asin, gurihnya tempe goreng, dan pedas pedas nikmat sambal korek selalu berhasil memanjakan tastebud saya.

Mungkin ini bukan makanan yang rumit pembuatannya ataupun elit buatan chef, tapi kalau tak berlebihan, saya ingin menyebut ini memberikan kepuasan batin tersendiri untuk saya saat menyantapnya.

*Minyak gorengan bawang: minyak bekas menggoreng bawang




Mellyani Hambali
Mellyani Hambali

Author




Also in News

Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly
Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly

by Mellyani Hambali December 28, 2016

Read More

Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa
Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa

by Mellyani Hambali October 05, 2016

Read More

Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa
Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa

by Mellyani Hambali August 31, 2016

Read More

Sale

Unavailable

Sold Out