Sayur Asem Jawa Timur


by Mellyani Hambali September 17, 2012

 

Di siang hari yang panas, menyantap seporsi sayur asem memberikan sensasi tersendiri. Kuahnya yang asam manis segar, berpadu dengan kerenyahan sayuran di dalamnya memberikan suntikan tenaga baru untuk menghadapi hari. Tidak banyak yang tahu dari mana resep sayur asem ini bermula.

Sayur asem yang sering kita jumpai sering dikenal sebagai sayur asem Jakarta. Sebagian orang berpendapat sayur asem jenis ini bermula dari tradisi masyarakat Betawi yang berasal dari daerah Jakarta. Sayur asem jenis ini menggunakan daun melinjo, labu siam, kacang panjang, melinjo, kacang tanah, dan terkadang ditambahkan juga nangka muda dan potongan jagung.

 

Terdapat jenis sayur asem lain yang mungkin tidak banyak dikenal orang di luar Jawa Timur, sering disebut sebagai sayur asem Surabaya. Sayuran yang digunakan dalam sayur asem jenis ini antara lain kangkung, tauge / kecambah kedelai, krai (sejenis zucchini berukuran kecil), dan kacang panjang. Krai yang merupakan sejenis ketimun / zucchini yang bergaris-garis horizontal, hanya dapat ditemukan di daerah Surabaya. Tetapi apabila tidak menemukan krai, dapat juga menggunakan zucchini yang memiliki kerenyahan yang sama. 


Kedua jenis sayur asem yang saya sebutkan menggunakan paduan bumbu yang sama untuk kuahnya, yaitu bawang putih, bawang merah, cabai merah, lengkuas, dan kemiri. Rasa asam dapat diperoleh dari tomat, belimbing wuluh, atau buah gandaria yang masih mengkal. Perbedaan utamanya hanya pada jenis sayuran yang digunakan. Berhubung saya berasal dari Jawa Timur, foto-foto yang saya sertakan di sini adalah foto sayur asam Surabaya yang sering saya masak.

Berdasarkan pengalaman saya, menyantap seporsi sayur asem di siang hari sangat cocok apabila ditemani sepotong empal daging sapi dan sepoci teh 'nasgithel' alias teh manis panas yang pekat. Selain disajikan dengan empal daging, sayur asem juga sangat cocok disantap dengan ikan asin yang digoreng garing. Gurihnya empal dan ikan asin, dan rasa manis teh mengimbangi asam manis segar kuah sayur asem. Paduan yang sempurna.




Mellyani Hambali
Mellyani Hambali

Author




Also in News

Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly
Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly

by Mellyani Hambali December 28, 2016

Read More

Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa
Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa

by Mellyani Hambali October 05, 2016

Read More

Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa
Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa

by Mellyani Hambali August 31, 2016

Read More

Sale

Unavailable

Sold Out