Sarapan Penuh Energi, Nasi Uduk Komplet 500 Kalori


by Mellyani Hambali April 08, 2013

 

Jakarta - Nasi khas Betawi yang satu ini punya citarasa yang unik. Nasinya gurih dan menebar aroma daun salam, Lauknya, bihun goreng, semur tahu dan kerupuk. Jika suka, telur bisa juga ditambahkan sebagai lauk.

Hampir di setiap penjuru Jakarta dan sekitarnya, nasi uduk dijajakan di pagi hari untuk hidangan sarapan. Namun tak jarang juga yang menjualnya di malam hari. Nasi uduk dibuat dari nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan. Biasanya diberi tambahan bumbu seperti daun salam dan daun serai.

Lauk pauk yang digunakan juga beragam, namun umumnya terdiri dari kering tempe, bihun goreng, semur tahu, ayam goreng dan sambal goreng. Namun ada juga yang menambahkan telur dadar atau telur balado. Tak lupa kerupuk warna-warni dengan rasa yang gurih juga ditambahkan.

 

Seporsi nasi uduk, dengan isian bihun goreng, orek tempe dan kerupuk ternyata mengandung nutrisi yang cukup banyak. Per porsinya nasi uduk dengan takaran nasi sekitar 150 gram mengandung 435,2 kalori, 8,17 gram protein, 9,89 gram lemak, 60,8 gram karbohidrat dan 1,92 gram serat.

Bila ditambahkan sebutir telur balado, kalorinya menjadi 572,6 kalori, 15,61 gram protein, 16,37 gram lemak dan 61,22 gram karbohidrat. Karena jumlah kalori yang dikonsumsi sudah tinggi, saat makan siang sebaiknya kurangi porsi makan agar asupan kalori dalam sehari tidak berlebih.

~ disadur dari detikfood, artikel oleh Odilia Winneke


Mellyani Hambali
Mellyani Hambali

Author




Also in News

Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly
Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly

by Mellyani Hambali December 28, 2016

Read More

Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa
Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa

by Mellyani Hambali October 05, 2016

Read More

Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa
Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa

by Mellyani Hambali August 31, 2016

Read More

Sale

Unavailable

Sold Out