Tumpeng, Kuliner yang Bisa Mewakili Indonesia


by Mellyani Hambali April 17, 2013

 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Daniel Ngantung

Jakarta, Wartakotalive.com

Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal dengan kekayaan kulinernya. Namun, kekayaan tersebut rupanya menajadi batu sandungan tersendiri bagi pemerintah untuk mengenalkan kuliner Indonesia kepada dunia.

Menurut Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, Insentif, dan Even Kemenparekraf Akhyaruddin, perlu satu masakan yang benar-benar mewakili Indonesia secara keseluruhan supaya masyarakat dunia mudah mengenal ciri khas Indonesia.

"Kalau pempek kan identik dengan Palembang. Rendang dari Padang. Indonesia kan bukan hanya Palembang dan Rendang saja," katanya dalam jumpa pers Pameran Food & Hotel Indonesia 2013 di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf, Selasa (2/4/2013).

Makanan yang cocok untuk mewakili Indonesia, katanya, adalah tumpeng. "Dari Sabang sampai Merauke ada tumpeng, isinya saja yang agak berbeda," tuturnya.

Supaya tidak terlalu beragam, diperlukan standarisasi, mulai dari isi hingga tinggi kerucut tumpeng.

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia sudah mulai menggalakan tumpeng sebagai masakan khas Indonesia dengan menyertakannya dalam menu penerbangan internasioanalnya.

Negara-negara lain, kata alumi NHI jurusan Pastry itu, sudah melakukan hal demikian. Akhyaruddin mencontohkan, Thailand dengan Tom Yam, atau Jepang dengan sushinya.

Dikutip dari Wartakota




Mellyani Hambali
Mellyani Hambali

Author




Also in News

Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly
Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly

by Mellyani Hambali December 28, 2016

Read More

Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa
Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa

by Mellyani Hambali October 05, 2016

Read More

Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa
Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa

by Mellyani Hambali August 31, 2016

Read More

Sale

Unavailable

Sold Out