Kolak Pisang Nyonya Melly


by Mellyani Hambali June 19, 2013

Tidak lama lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, dimana umat Muslim mulai berpuasa dan menanti hari Lebaran. Setiap kali memasuki bulan Puasa, saya selalu teringat akan hidangan-hidangan yang  disajikan pada saat berbuka puasa. Kolak, es timun suri, candil, biji salak, dan masih banyak lagi. Indonesia tidak pernah kekurangan variasi untuk macam hidangan pembuka puasa.

Kali ini, saya akan membahas tentang kolak (atau kolek), salah satu hidangan favorit saya, yang sering saya buat walaupun bukan di bulan Puasa. Sangat sedap disajikan hangat, juga nikmat sekali disajikan dingin.

 

Kolak atau kolek adalah hidangan pencuci mulut ala Indonesia yang dibuat dari gula merah, santan, dan daun pandan sebagai dasar kuahnya.  Gula merah atau gula aren digunakan sebagai pemanis alami, pemberi warna, serta wangi kuah yang khas, santan sebagai pemberi rasa gurih dan bahan dasar kuah, dan daun pandan digunakan sebagai pemberi aroma sedap.

Untuk isinya, bisa ditambahkan pisang tanduk, singkong, ubi manis, labu kuning, atau kolang-kaling. Sebagai variasi, saya sering sekali menambahkan semua bahan isian itu ke dalam kolak yang saya buat agar rasa kolak tidak monoton. Pisang sendiri, menurut saya adalah bahan yang tidak dapat dilupakan karena aromanya yang harum dapat menambah selera saat menyantap kolak.

Bagi yang ingin coba memasak kolak, berikut saya hadirkan cara memasaknya. Selamat mencoba!

  1. Didihkan santan yang sudah dicampur dengan sedikit air dalam panci, aduk-aduk selagi menunggu santan menjadi hangat agar santan tidak pecah. Di dalam panci terpisah, didihkan sedikit air dan masukkan gula aren, aduk hingga larut. Saring larutan gula tersebut dan sisihkan untuk langkah berikutnya.
  2. Saat santan cukup hangat, kecilkan api dan masukkan larutan gula aren dan daun pandan ke dalamnya. Aduk hingga rata.
  3. Masukkan ubi, labu kuning, dan singkong dan didihkan perlahan sambil terus diaduk.
  4. Saat ubi, labu, dan singkong sudah cukup lunak, masukkan potongan pisang yang sudah disiapkan. Apabila diinginkan, tambahkan santan untuk memberi tambahan rasa gurih. Pastikan api tidak terlalu besar, aduk sesekali.
  5. Berikut ini adalah tampilan saat bahan sudah cukup matang. Pastikan bahwa ubi, singkong, dan labu sudah lunak, dan pisang sudah lembut.
  6. Tambahkan kolang-kaling dan aduk sebentar. Matikan api dan tutup panci. Biarkan hingga mendingin.
  7. Sajikan selagi hangat atau bila suka, dinginkan di kulkas sebelum disantap. Baik panas mau pun dingin, kolak tetap nikmat disantap.

Bahan-bahan (untuk 8-10 porsi kecil):

3 lembar daun pandan
2 ltr air, untuk mengencerkan 300 mL santan
250 mL santan
250 g gula merah
1/2 sendok teh garam
1 kg singkong
1 kg ubi manis
8 pisang tanduk
100 g kolang-kaling

TIPS: Selalu gunakan santan segar yang baru diperas. Santan cair dalam kemasan dapat juga digunakan tetapi menurut pengalaman saya, aroma yang dihasilkan tidak seharum kolak yang dibuat menggunakan santan segar. Santan bubuk dalam kemasan lebih baik tidak digunakan.

 

Beberapa foto cara memasak kolak ini saya sadur dari Indochine Kitchen, cara memasak kolak saya ambil dari resep keluarga.




Mellyani Hambali
Mellyani Hambali

Author




Also in News

Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly
Layanan Delivery Deliveree Nyonya Melly

by Mellyani Hambali December 28, 2016

Read More

Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa
Ritual Larung Saji Masyarakat Jawa

by Mellyani Hambali October 05, 2016

Read More

Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa
Ritual Siraman Calon Pengantin Jawa

by Mellyani Hambali August 31, 2016

Read More

Sale

Unavailable

Sold Out